Highspace’s Blog

masterpiece

Apakah perlu pelajaran anti korupsi?

assalamu’alaikum..

apakah perlu diadakan mata pelajaran baru? yakni mata pelajaran anti korupsi. banyak yang mengatakan itu perlu karena merupakan solusi bagi bangsa yang kesannya menjadi bangsa salah satu penyumbang nilai korup terbesar di dunia. wah..wah..dan yang anehnya adalah bangsa ini dikenal sebagai bangsa yang religiusnya tinggi.

apa yang salah? jawaban yang akan saya utarakan disini adalah sebuah pembelajaran generasi. ini yang sering hilang..lucu sekali jika anak-anak disuruh tidak menyontek namun kadang kala sang pendidik raja pencontek ketika di ruang lain (menjadi mahasiswa/mahasiswi), menyuruh dilarang berbohong namun sang pendidik berbohong mengatas namakan harus beli ini..harus beli itu..padahal niatnya adalah untuk pribadinya..jika benar ini terjadi na’udzu billah…

Nah..jika kemudian ada usulan ada tambahan pelajran anti korupsi apakah perlu? saya mengatakan sangat tidak perlu..!!! mengapa coba bayangkan… rata-rata anak-anak itu memahaminya sebagai sebuah pelajaran dan bukan karakter. baiklah saya ambil contoh..mengapa bangsa yang dikenal dengan bangsa religius moralnya seperti amburadul. Kita lihat pelajaran agama..banyak dari anak-anak yang kemudian berfikir bahwa semua pelajaran itu akan terlihat bagus ketika nilai yang ada di raport bagus, maka ketika dimulai mind set seperti itu itulah awal kehancuran. Agama yang seharusnya menjadi pelajaran karakter berubah mindset menjadi sebuah pelajaran angka-angka, yang parah kemudian adalah ketika sang pendidik juga ketika melihat nilai ulangan agama si anak jelek kemudian berasumsi bahwa nilai agama tidak boleh jelek (nah ini lebih parah lagi).

Maka akan sangat mengerikan jika mungkin saja bisa terjadi ketika sia anak tak mampu lagi membedakan antara mana pelajaran karakter yang harus tertanam dan mana yang memang itu adalah sebuah pembelajaran biasa. kalau melihat ini saya sudah sampai tingkat miris sekali…bagaimana mungkin agama yang merupakan pondasi hidup seseorang dirubah menjadi sebuah pelajaran belaka yang diukur oleh angka-angka. maka tak heran mengapa kita sekarang menemukan banyak sekali kerusakan di negeri ini.

menurut saya yang harus dilakukan adalah bagaimana membangun karakter anti korupsi, ini dimulai dengan sebuah karakter…

bersambung..

Advertisements

April 8, 2010 - Posted by | Uncategorized | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: