Highspace’s Blog

masterpiece

KETIKA PERADABAN ITU DIMULAI DARI SINI !

Kawan bolehkah aku berbicara dengan engkau, meski ini bukan sesuatu yang begitu penting tapi menurutku ini sesuatu yang bermanfaat banyak. Kawan dalam kehidupan ini pasti kita mengenal dengan sebuah nama yakni peradaban. Banyak orang yang apatis dengan tema ini, padahal jika kita menginginkan sebuah kehidupan yang lebih baik maka menurutku adalah kita mampu menjadi pecinta sejarah. Maaf bukan mengajak engkau untuk menjadi orang-orang yang ”kuno”, atau pula mengajak engkau hanya sekedar nostalgia.
Aku tak bicarakan tentang romantisme sebuah sejarah, tetapi berbicara bagaimana sejarah mengajarkan sebuah ”ruh” kehidupan yang pada dasarnya semua tinggal di lihat dan dikaji saja. Maksudnya? Maaf menjadi terbelit-belit maksudku, kehidupan ini sebenarnya kisahnya hampir selalu mirip hanya saja ”backgroundnya” saja yang berbeda. Dulu terkenal kaum sodom maka kini kita banyak melihat dan mendengar tentang mereka di sekitar kita, atau bagaimana sosok fir’aun kini pun banyak ”jiwa-jiwa” kering menjadikan figurnya sebagai idola sehingga tak sedikit yang menjadi pengikutnya. Dan masih banyak lagi kisah-kisah dulu yang hampir mirip atau boleh dikatakan mirip dengan kejadian-kejadian saat ini.
Kawan, jika kita merindukan sebuah peradaban yang mebahagiakan maka mari kita tengok sejarah lebih dalam. Kita akan banyak menemukan berbagai macam sejarah peradaban sebuah bangsa dan bagaimana peradaban itu hancur. Kita tinggal memilih mau peradaban mana yang akan kita ambil, kalau aku boleh berkata padamu kawan lebih baik pilih peradaban yang membuat engkau tersenyum bahagia duni dan akhirat. Apa itu ada? Tentu ada kawann yakni peradaban Islam, sebuah peradaban yang tak pernah menuai kekecewaan dari rakyatnya karena keadilannya. Bukan karena aku seorang muslim sehingga menjadi muslim an sich,tetapi ini real kawan. Coba engkau lihat lebih dalam tentang itu, peradaban mana yang paling lama bercokol di dunia ini dan paling banyak menghasilkan karya-karya yang fenomenal dan sampai saat ini jadi rujukan? Satu kata yakni Islam.

Lalu apa yang membuat peradaban islam ini maju dan bertahan lama? Yakni selalu dimulai dari sini, apa maksudnya dimulai dari sini? Maksudnya perdaban islam selalu dimulai dari dari yang terdekat atau bahasa lain lingkungan mikro, dan hal mikro dari sebuah peradaban itu kawan adalah hati. Dan jika hati itu baik maka keseluruhan tubuh itu akan baik dan peradaban itu kan selalu dimulai dari personal (humanity) yang baik secara kualitasnya. Hal inilah yang selalu dijaga berabad-abad, dan tak pernah henti untuk direcovery jika sudah usang. Dan ketika peradaban ini mulai terasa redup-redup itu karena masyarakatnya mulai lupa dengan recovery itu, sehingga begitu cepatlah hancur. Hal inilah yang patut disayangakan, karena sudah lama dijaga kini hilang dengan cepatnya. Jadi apa yang akan engaku kata-katakan lagi tentang islam yang tak punya peradaban , ternyata semua persepsi salah kau lupa bahwa ilmu pengetahuan yang ada saat ini merupakan pengembangan dari para ulama/ilmuwan islam? Tak melihatkah engkau atau engkau pura-pura tak melihat atau mungkin telingamu tersumbat oleh benda yang besar hingga kau tak lagi mendengar keluarbiasaan islam mengakomodasi ilmu pengetahuan sehingga bisa kau nikmati dan kau kembangkan lagi atau mungkin engkau menjadi budak-budak bukan lagi menjadi tuan dari ilmu pengetahuan. Kata-kata budak pun mungkin masih terlalu halus untuk mendeskripsikan betapa hancurnya jiwamu, karena kau tak lagi menggunakan hakmu sebagai pengguna ilmu. Engkau hanya menjadi sampah yang bau dan yang tak bisa didaur ulang karena bebalnya otakmu dan keringnya jiwamu, sehingga kau tak lagi mampu bedakan mana yang benar dan mana yang salah.
Wahai jiwa-jiwa yang masih hidup !!! bangkitlah raih peradaban itu lagi, mari kita mulai menata lagi dan mendelete peradaban yang penuh dengan kotoran ini dengan peradaban islam yang lebih menyejukan. Perdaban islam ini bukan saja milik orang muslim namun juga milik dan harus dinikmati oleh seluruh umat manusia di seantero bumi ini, karena ketika kita memimpin peradaban ini kita selalu memberikan pelayanan yang begitu luar biasa bagi kehidupan manusia ini. Tunggu apa lagi wahai jiwa-jiwa yang rindu panji Allah itu berkibar di seluruh bumi ini, persiapkan dirimu dengan baik dan matang dengan keilmuan karena sesaat lagi perdaban islam akan kembali hadir. Menjadi guru yang menyejukan untuk alam raya ini dan untuk meninggikan kalimat Allah di bumi ini…

Advertisements

January 27, 2009 - Posted by | Uncategorized |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: